Selasa, 26 Juni 2012

BAB1


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
                  Perkembangan teknologi saat ini sangat  pesat, terutama teknologi di bidang komputer yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan efektifitas dan efesiensi suatu pekerjaan.
Kemajuan teknologi membuat komputer tidak hanya mengolah data atau gambar saja tetapi dalam penggunanannya sudah semakin luas menjadi salah satu sarana komunikasi, media informasi, dan edukasi. Peranan komputer dalam mengolah informasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari, karena hasil yang diberikan dapat menciptakan suatu sistem yang dapat membantu bagi banyak kalangan.
                  Penggunaan teknologi informasi sudah banyak diterapkan salah satunya adalah internet. Internet merupakan salah satu penyedia informasi yang tidak lagi mengenal keadaan, tempat dan jarak untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Karena sifat internet yang global mampu memberikan informasi untuk berbagai kalangan, baik itu pelajar, pengajar, pebisnis atau masyarakat umum lainya.
                  Internet mampu menghadirkan fasilitas website  yang dapat mengorganisasi suatu informasi. Website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data, teks, gambar, data animasi, suara, video atau gabungan dari semua yang membentuk suatu rangkaian bangunan baik yang bersifat statis maupun dinamis, rangkaian bangunan tersebut saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Perkembangan aplikasi web yang semakin pesat sangat membantu dalam kemudahan kecepatan pengiriman dan penerimaan informasi, mulai dari perusahaan, sekolah, dan lembaga atau organisasi lainnya yang telah banyak memanfaatkan aplikasi web dalam kegiatannya.
                 Website sekolah yang  menyediakan berbagai informasi pendidikan yang mencakup seluruh kegiatan bertujuan untuk meningkatkan penyebaran informasi dan meningkatkan daya interaktif sekolah dengan siswa dan masyarakat. Website sekolah dapat membantu masyarakat atau orang tua yang  bersangkutan  untuk mendapatkan informasi sekolah.
             SMP Negeri 1 Cimanggung  yang terletak di Jl. Parakanmuncang KM.22 Kec. Cimanggung merupakan wahana pencetak generasi muda penerus bangsa yang berkualitas dengan penerapan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan merupakan sekolah yang berstandar nasional. SMP Negeri 1 Cimanggung dalam kegiatannya sudah menggunakan sistem komputerisasi untuk menunjang pekerjaan khususnya dalam pengentrian data, namun belum mengoptimalkan penggunaannya dalam  menyampaikan informasi akademik.
             Selama melakukan penelitian penulis menemukan beberapa kelemahan dalam penyampaian informasi yang berkaitan dengan SMP Negeri 1 Cimanggung diantaranya:
1.    Untuk mengetahui informasi akademik harus datang langsung ke sekolah sehingga memerlukan waktu yg lebih banyak.
2.    Belum adanya fasilitas yang dapat menunjang KBM seperti referensi acuan materi pelajaran yang dapat di download oleh siswa.
3.    Belum terjadinya komunikasi yang efektif  antara lembaga dan masyarakat karena yang terjadi masih pada lingkup sekolah dan telepon.

                Berdasarkan permasalahan yang ada penulis tertarik untuk mengambil judul PERANCANGAN WEBSITE SMP NEGERI 1 CIMANGGUNG. Dengan adanya website tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada dan dapat menjadi media penyebaran informasi yang efektif sehingga siswa, guru dan masyarakat pada umumnya dapat dengan mudah mendapatkan informasi secara online.

1.2      Ruang Lingkup dan Batasan Masalah
                Dalam penyusunan tugas akhir ini, tampilan yang dikemukakan meliputi profil SMP Negeri 1 Cimanggung berbasis website. Ruang lingkup yang akan dibahas pada tugas akhir ini adalah:
1.       Media penyebaran informasi SMP Negeri 1 Cimanggung mengenai profil sekolah (sejarah singkat, visi dan misi, fasilitas, prestasi) data guru, data siswa, ektrakurikuler.
2          Penyediaan referensi acuan penunjang KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) .
3          Penyediaan sarana komunikasi melalui kritik dan saran.

1.3   Maksud dan Tujuan
                Maksud dari penyusunan tugas akhir ini adalah membuat perancangan website sekolah yang dapat membantu dalam mempromosikan sekolah dan dapat menjadi media informasi. Adapun tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.       Menyediakan informasi dengan jangkauan yang lebih luas dan tanpa batas, kapan dan dimanapun bagi yang membutuhkan.
2.       Menyediakan fasilitas yang dapat mendukung kegiatan KBM sebagai acuan dan referensi mata pelajaran sehingga siswa bisa mendownload modul tersebut.
3.       Menciptakan sarana komunikasi antar lembaga dan masyarakat yang lebih efektif dan dapat didokumentasikan.

1.4    Kegunaan
        Laporan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat atau kegunaan sebagai berikut:
1.       Bagi SMP Negeri 1 Cimanggung dapat bermanfaat sebagai suatu penyajian informasi yang dinamis dalam penyampaian komunikasi dan promosi sekolah.
2.       Bagi Akademik  dapat dijadikan salah satu bahan referensi di perpustakaan.
3.       Bagi penulis diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman selama melakukan penelitian.
4.       Bagi pihak lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi atau sumber yang dapat dikembangkan menjadi lebih baik.

1.5  Metodologi dan Sistematika Penulisan
1.5.1  Metode Penelitian
                Dalam usaha mendapatkan data otentik tentunya harus didukung oleh suatu pengolahan data yang baik pula. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
1. Observasi langsung
Melihat langsung desain-desain layout aplikasi Web serta fasilitas-fasilitas di dalamnya melalui internet. Dan pengumpulan data secara langsung pada sekolah tempat melakukan praktik tugas akhir.
2. Wawancara
Pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab atau wawancara secara langsung dengan staf pengajar  atau pihak terkait yang memahami dan mengerti  tentang sekolah, dan juga meminta masukan dari orang-orang yang lebih mengetahui tentang pemrograman Web.
3. Studi Pustaka
Pengumpulan data dengan menggunakan buku-buku mata kuliah yang pernah diberikan, mencari referensi di perpustakaan serta buku panduan dari sekolah yang memuat tentang masalah yang diambil.
Setiap data atau informasi yang telah diperoleh melalui metode tersebut di atas kemudian dituangkan ke dalam penulisan dan setelah itu dilaporkan sebagai tugas akhir. Selanjutnya laporan tersebut akan dipresentasikan pada sidang sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma III.

1.5.2 Metode Perancangan
Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu metodologi RUP (Rational Unified Process). RUP menggunakan konsep object oriented, dengan aktifitas yang berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language (UML). Adapun beberapa tahapan kerja dasar RUP yaitu :
1.       Bussiness modeling atau business engineering
2.       Requirements
3.       Analisys dan design
4.       Implementation
5.       Test
6.       Environment
7.       Deployment

1.5.3 Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran mengenai isi dari penulisan laporan ini dan mempermudah pembahasan lebih lanjut, maka penulis menyajikan sistematika penulisan dari laporan tugas akhir ini, Adapun sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memberikan gambaran secara tertulis tentang latar belakang, ruang lingkup dan pembatasan masalah, maksud dan tujuan, kegunaan, metodelogi dan sistematika penulisan.
BAB II STUDI PUSTAKA
 Pada bab ini akan diuraikan teori-teori yang menunjang dalam merancang sistem yang akan dibuat oleh penulis yang diambil dari buku-buku referensi, literatur, yang memuat data-data atau pendapat dari para ahli untuk dapat mengupas masalah sehingga menjadi lebih terarah dalam penulisan  tugas akhir ini.
BAB III ANALISIS SISTEM
Pada bab ini membahas mengenai gambaran sistem baru dan beberapa analisis seperti analisis kebutuhan sistem, analisis kebutuhan perangkat lunak yang membahas tentang deskripsi kebutukan fungsional yang meliputi fungsi sistem, data flow diagram, kamus data (data dictionary) dan spesifikasi proses.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
 Bab ini membahas tentang hasil perancangan sistem berikut pemodelannya, yang terdiri dari perancangan prosedur, perancangan perangkat lunak dan keras, perancangan basis data, dan perancangan desain web.
BAB V PENUTUP
Bab ini akan diuraikan mengenai kesimpulan dari permasalahan yang telah dibahas dan saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi SMP Negeri 1Cimanggung  serta pihak lain yang  terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar