Selasa, 24 September 2013

Lembar pengesahan

 LEMBAR PENGESAHAN


Judul                        :    AUDIT SITEM INFORMASI PEMBAYARAN KIOS DENGAN FRAMEWORK COBIT 5.0 (STUDI KASUS PT. RANCEK SUKSES/RTC BANDUNG)
Nama Mahasiswa     :    Nuraeni
NPM                        :    1241209
Jurusan                     :    Sistem Informasi





Menyetujui dan Mengesahkan











Ketua Program Studi SI,                                                                                Pembimbing,              


 Aan Dwianta, S.Kom                                                                       Christina Juliane, M.T

(i)


“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

Alhamdulillah……
Sujud Syukurku kepada Sang Maha PemiklikIlmu
Atas segala petunjuk, kasihsayang, dan segalanya……

Teruntuk Abii dan Ummii tercinta,
Beribu ucapan terimakasih kuhaturkan padamu, tanpa dukungan baik moral/moril semua tak kan berjalan. Semoga Adinda dapat membanggakan hati Abii dan Ummii
Untuk kakak dan adiku tersayang, terimakasih motivasi dan do’anya….

Terimakasih tak terkira untuk seluruh staff dan dosen STIMIK AMIK Bandung,
Untuk seluruh sahabat seperjuangan
Dan seluruh orang yang menginspirasi hidupku……
Motivasi:
 “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mau merubahnya”…………
Selama dunia masih berputar selama itu pula masih ada perubahan
Tetaplah berpositif thingking dan berprasangkalah sesuai keinginan dan cita-cita karena
“Kehendak Allah  tergantung prasangka HambaNya”
“MAN JADDA WA JADA”
“KUNFAYAKUN”
Semangat..!!! *_*




 (ii)



ABSTRAK

              PT. Rancek Sukses adalah perusahaan yang bergerak dibidang property yang mempunyai trade centre  di Jl. Rancaekek-Majalaya KM.01. Kios adalah sumber penghasilan perusahaan maka dalam pengelolaannya harus benar dan tersistem. Sistem Informasi Pembayaran Kios adalah sebuah sistem yang membantu dalam pengelolaan kios, namun dalam praktiknya terdapat beberapa masalah sehingga memerlukan audit.
              Audit yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan framework COBIT 5.0 domain APO
(Align, Plann, Organize). Adapun tahapan penelitian dilakukan dengan cara observasi & wawancara, pengumpulan data (kuisioner & studi literature), Identifikasi IT Proses PT.Rancek Sukses, Control Objective COBIT 5.0 (APO), Kapabilitas Proses , Rekomendasi Hasil Audit.
              Pengumpulan data tentang Audit Sistem Informasi Pembayaran Kios dilanjutkan dengan skala penilaian dengan cabality process. Penilaian ini menunjukan pada level mana perusahaan dalam menggunakan  sistem yang telah ada dan kemudian dari hasil audit dapat merekomendasikan saran-saran atau kiat yang harus dilakukan perusahaan, untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.
              Dari hasil Audit Sistem Informasi Pembayaran Kios dengan Framework COBIT 5.0 (Studi Kasus PT.RANCEK SUKSES/RTC Bandung), memeberikan beberapa rekomendasi tentang bagaimana sistem yang berjalan seharusnya. Rekomendasi ini akan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Kata Kunci: Audit Sistem Informasi, COBIT 5.0












(iii) 




 



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya serta berkat kerja keras penulis, akhirnya penulisan laporan praktik tugas akhir  ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Penulisan Laporan Tugas Akhir ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Strata-I Program Studi Sistem Informasi di STMIK AMIK Bandung.
Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Christina Juliane, M.T selaku dosen pembimbing skripsi ini. Ucapan terimakasih juga penulis ucapkan untuk orang-orang yang telah memberikan bantuan kepada penulis dalam penyelesaian laporan ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada :
1.    Bapak Bambang Eko Putranto, Drs. selaku Ketua STMIK “AMIK BANDUNG”.
2.    Bapak Aan Dwianta, S.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi.
3.    Bapak Suroto Imam Santoso, S.E selaku General Mangaer Rancaekek Trade Centre
4.    Seluruh staff RTC yang membantu dalam penelitian.
5.    Seluruh dosen yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis selama mengikuti kegiatan pendidikan.
6.    Orang tua yang  telah memeberikan dukungan baik moral maupun moril.
7.    Rekan-rekan mahasiswa STMIK“AMIK BANDUNG” kelas Al Ma’soem Angkatan 2013.

            Untuk penyempurnaan penulisan skripsi ini, kritik dan saran sangat penulis harapkan. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Bandung,  Juli 2013

                                                                                                                                                                                                                                                                       Penulis




DAFTAR ISI
                                                                                                                                    Halaman
JUDUL (SAMPUL DALAM)
LEMBAR PENGESAHAN  .....................................................................................................  ii
LEMBAR PERSEMBAHAN .................................................................................................... iii
ABSTRAK ............................................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR .............................................................................................................. v
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ vi
DAFTAR TABEL .................................................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................................... 1
         1.1 Latar Belakang ............................................................................................................ 1
         1.2 Perumusan Masalah ..................................................................................................... 2
         1.3 Maksud dan Tujuan ..................................................................................................... 3
         1.4 Metode Penelitian......................................................................................................... 4
1.5  Metode Pengumpulan Data ......................................................................................... 4    
1.6 Waktu dan Lokasi Penelitian ........................................................................................ 5
         1.5. Sistematika Penulisan .................................................................................................. 5
BAB II LANDASAN TEORI .................................................................................................... 7
         2.1 COBIT 5.0  ................................................................................................................ 7
2.2  Kelebihan COBIT 5.0 ................................................................................................. 9
2.3 Prinsip-Prinsip COBIT 5.0 ......................................................................................... 10
2.3.1 Prinsip Memenuhi kebutuhan Stakeholder ........................................................... 11
2.3.2 Prinsip Melingkupi Seluruh Perusahaan................................................................. 14
2.3.3 Prinsip Menerapkan Kerangka Tunggal yang Terintegrasi ..................................... 16
2.3.4 Prinsip Menggunakan Pendekatan yang Menyeluruh ..............................................17
2.3.5 Pemisahan Tata Kelola dari Managemen .............................................................. 18
2.4 Model dan Referensi Proses dalam COBIT 5.0 ........................................................... 20
2.5 Model Kapabilitas Proses dalam COBIT 5.0................................................................ 21
BAB III METODE PENELITIAN ......................................................................................... ....25
         3.1 Metodologi Penelitian .................................................................................................. 25
         3.2 Tahapan Penelitian Sistem Informasi Pembayaran Kios ........................................... .....25
 BAB IV ANALISIS SISTEM .................................................................................................. 29
      4.1 Profil PT.Rancek Sukses ............................................................................................... 29                   4.1.1Squence Diagram..........................................................................................................29
               4.1.1 Visi dan Misi Perusahaan ........................................................   ........................ 29
               4.1.2 Struktur Organisasi ........................................................................................... 30
               4.1.3 Sistem Informasi Pembayaran Kios yang sedang Berjalan................................... 32
               4.1.3 Spesifikasi Sistem Informasi Pembayaran Kios................................................... 35
         4.2 Analisis Sistem Informasi Pembayaran Kios ............................................................... 39
         4.3 Identifikasi Critical Success Factor .......................................................................... 41
         4.4 Pengukuran Kinerja ................................................................................................... 42
4.3 Desain Kuisioner Berdasarkan Domain APO ............................................................. 44
BAB V EVALUASI & REKOMENDASI ............................................................................... 50
         5.1 Hasil Kuisioner .......................................................................................................... 50
         5.2 Kapabilitas Proses ..................................................................................................... 54
         5.3 Rekomendasi Sistem Informasi Pembayaran Kios........................................................ 62
         5.4 Kesimpulan dari Audit domain Align, Plan, Organize................................................. 64    
BAB VII PENUTUP  .............................................................................................................. 65
         5.1 Kesimpulan ............................................................................................................... 65
         5.2 Saran ........................................................................................................................ 65
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



   

DAFTAR TABEL

No Tabel
Judul Tabel
Halaman
1.1
Jadwal dan Waktu Penelitian
5
2.1
Tujuan Perusahaan dan Tujuan IT-related dalam COBIT 5.0
25
4.1
Deskripsi Pekerjaan PT.Rancek Sukses
26
4.2
Deskripsi Modul Sistem Informasi Pembayaran Kios
37
4.3
Deskripsi Modul Sistem Informasi Pembayaran Kios (Lanjutan)
38
4.4
Deskripsi Modul Sistem Informasi Pembayaran Kios (Lanjutan)
39
4.5
Hardware yang digunakan
39
4.6
CSF PT. Rancek Sukses
41
4.7
CSF PT. Rancek Sukses (Lanjutan)
42
4.8
Istilah yang digunakan dalam kuisioner
45
4.9
Desain Pertanyaan Manage The IT Management Framework
45
4.10
Desain Pertanyaan Manage Strategy
45
4.11
Desain Pertanyaan Manage Enterprise Architecture
46
4.12
Desain Pertanyaan Manage Inovation
46
4.13
Desain Pertanyaan Manage Portfoloio
46
4.14
Desain Pertanyaan Manage Budget&Cost
46
4.15
Desain Pertanyaan Manage Human Resource
47
4.16
Desain Pertanyaan Manage Relationship
48
4.17
Desain Pertanyaan Manage Service Agreement
48
4.18
Desain Pertanyaan Manage Suppliers
49
4.19
Desain Pertanyaan Manage Quality
50
4.20
Desain Pertanyaan Manage Risk
50
4.21
Desain Pertanyaan Manage Security
50
5.1
Hasil Pertanyaan Manage The IT Management Framework
50
5.2
Hasil Pertanyaan Manage Strategy
51
5.3
Hasil Pertanyaan Manage Enterprise Architecture
51
5.4
Hasil Pertanyaan Manage Inovation
51
5.6
Hasil Pertanyaan Manage Portfoloio
51
5.7
Hasil Pertanyaan Manage Budget&Cost
52
5.8
Hasil Pertanyaan Manage Human Resource
52
5.8
Hasil Pertanyaan Manage Relationship
52
5.9
Hasil Pertanyaan Manage Service Agreement
52
5.10
Hasil Pertanyaan Manage Relationship
52
5.11
Hasil Pertanyaan Manage Quality
53
5.12
Hasil Pertanyaan Manage Risk
53
5.13
Hasil Pertanyaan Manage Security
53
5.14
Hasil Pertanyaan Manage Relationship (Lanjutan)
54
5.15
Ringkasan Hasil Implementasi
54
5.16
Gap Tingkat Capability level
61
    5.17
Rekomendasi Hasil Audit SIPK domain Align, Plan, Organize
62


  
DAFTAR GAMBAR

No Gambar
Judul Gambar
Halaman
2.1
Lima Prinsip COBIT 5.0
10
2.2
Alur Tujuan dalam COBIT 5.0
11
2.3
Peranan, Aktivitas, dan Hubungan Tata kelola dan Manajemen
13
2.4
Integrasi standar dan kerangka kerja lain dalam COBIT 5.0
14
2.5
Tujuh Kategori Pemicu dalam COBIT 5.0
15
2.6
Area Kunci Tata kelola dan Manajemen dalam COBIT 5.0
17
2.7
Model Referensi Proses dalam COBIT 5.0
18
2.8
Model Kematangan Proses dalam COBIT 4.1
19
2.9
Model Kapabilitas Proses dalam COBIT 5.0
20
4.1
Struktur Organisasi RTC
28





Tidak ada komentar:

Posting Komentar