LEMBAR
PENGESAHAN
Judul : AUDIT
SITEM INFORMASI PEMBAYARAN KIOS DENGAN FRAMEWORK COBIT 5.0 (STUDI KASUS PT.
RANCEK SUKSES/RTC BANDUNG)
Nama Mahasiswa : Nuraeni
NPM : 1241209
Jurusan : Sistem
Informasi
Menyetujui
dan Mengesahkan
Ketua Program Studi SI, Pembimbing,
Aan Dwianta, S.Kom
Christina Juliane, M.T
(i)
“Allah
akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang
diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)
Alhamdulillah……
Sujud Syukurku kepada Sang Maha PemiklikIlmu
Atas segala petunjuk, kasihsayang, dan segalanya……
Teruntuk Abii dan Ummii tercinta,
Beribu ucapan terimakasih kuhaturkan padamu, tanpa
dukungan baik moral/moril semua tak kan berjalan. Semoga Adinda dapat
membanggakan hati Abii dan Ummii
Untuk kakak dan adiku tersayang, terimakasih motivasi
dan do’anya….
Terimakasih tak
terkira untuk seluruh staff dan dosen STIMIK AMIK Bandung,
Untuk seluruh
sahabat seperjuangan
Dan seluruh
orang yang menginspirasi hidupku……
Motivasi:
“Allah tidak
akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mau merubahnya”…………
Selama dunia masih berputar selama itu pula masih ada
perubahan
Tetaplah berpositif thingking dan berprasangkalah sesuai
keinginan dan cita-cita karena
“Kehendak Allah
tergantung prasangka HambaNya”
“MAN JADDA WA JADA”
“KUNFAYAKUN”
Semangat..!!! *_*
(ii)
ABSTRAK
PT. Rancek Sukses
adalah perusahaan yang bergerak dibidang
property yang mempunyai trade centre di Jl. Rancaekek-Majalaya KM.01. Kios adalah
sumber penghasilan perusahaan maka dalam pengelolaannya harus benar dan
tersistem. Sistem Informasi Pembayaran Kios adalah sebuah sistem yang membantu
dalam pengelolaan kios, namun dalam praktiknya terdapat beberapa masalah
sehingga memerlukan audit.
Audit yang digunakan dalam skripsi
ini adalah dengan menggunakan framework
COBIT 5.0 domain APO
(Align, Plann, Organize). Adapun tahapan penelitian dilakukan dengan cara observasi & wawancara, pengumpulan data (kuisioner & studi literature), Identifikasi IT Proses PT.Rancek Sukses, Control Objective COBIT 5.0 (APO), Kapabilitas Proses , Rekomendasi Hasil Audit.
(Align, Plann, Organize). Adapun tahapan penelitian dilakukan dengan cara observasi & wawancara, pengumpulan data (kuisioner & studi literature), Identifikasi IT Proses PT.Rancek Sukses, Control Objective COBIT 5.0 (APO), Kapabilitas Proses , Rekomendasi Hasil Audit.
Pengumpulan data tentang Audit
Sistem Informasi Pembayaran Kios dilanjutkan dengan skala penilaian dengan cabality process. Penilaian ini
menunjukan pada level mana perusahaan dalam menggunakan sistem yang telah ada dan kemudian dari hasil
audit dapat merekomendasikan saran-saran atau kiat yang harus dilakukan
perusahaan, untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.
Dari
hasil Audit Sistem Informasi Pembayaran Kios dengan Framework COBIT 5.0 (Studi Kasus PT.RANCEK SUKSES/RTC Bandung),
memeberikan beberapa rekomendasi tentang bagaimana sistem yang berjalan
seharusnya. Rekomendasi ini akan membantu perusahaan dalam pengambilan
keputusan.
Kata
Kunci: Audit Sistem Informasi, COBIT 5.0
(iii)
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
hidayah-Nya serta berkat kerja keras penulis, akhirnya penulisan laporan praktik tugas akhir ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Penulisan
Laporan Tugas Akhir ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan
pendidikan pada Program Strata-I Program Studi Sistem Informasi di STMIK AMIK Bandung.
Dalam
kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Christina Juliane, M.T selaku dosen pembimbing
skripsi ini. Ucapan terimakasih juga penulis ucapkan untuk orang-orang yang
telah memberikan bantuan kepada penulis dalam penyelesaian laporan ini. Ucapan
terima kasih penulis sampaikan kepada :
1. Bapak Bambang Eko Putranto, Drs. selaku Ketua
STMIK “AMIK BANDUNG”.
2. Bapak Aan Dwianta, S.Kom selaku Ketua Program
Studi Sistem Informasi.
3. Bapak
Suroto Imam Santoso, S.E selaku General Mangaer Rancaekek Trade Centre
4. Seluruh
staff RTC yang membantu dalam penelitian.
5. Seluruh dosen yang telah memberikan bimbingan dan
arahan kepada penulis selama mengikuti kegiatan pendidikan.
6. Orang
tua yang telah memeberikan dukungan baik
moral maupun moril.
7. Rekan-rekan mahasiswa STMIK“AMIK BANDUNG” kelas
Al Ma’soem Angkatan 2013.
Untuk
penyempurnaan penulisan skripsi ini, kritik dan saran sangat penulis harapkan.
Semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya.
Bandung, Juli 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
JUDUL (SAMPUL DALAM)
LEMBAR PENGESAHAN
..................................................................................................... ii
LEMBAR PERSEMBAHAN .................................................................................................... iii
ABSTRAK ............................................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR .............................................................................................................. v
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ vi
DAFTAR TABEL .................................................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang ............................................................................................................ 1
1.2 Perumusan
Masalah ..................................................................................................... 2
1.3
Maksud dan Tujuan ..................................................................................................... 3
1.4 Metode
Penelitian......................................................................................................... 4
1.5 Metode Pengumpulan Data ......................................................................................... 4
1.6 Waktu dan Lokasi Penelitian ........................................................................................ 5
1.5.
Sistematika Penulisan .................................................................................................. 5
BAB II LANDASAN TEORI .................................................................................................... 7
2.1 COBIT
5.0 ................................................................................................................ 7
2.2 Kelebihan
COBIT 5.0 ................................................................................................. 9
2.3 Prinsip-Prinsip
COBIT 5.0 ......................................................................................... 10
2.3.1
Prinsip Memenuhi kebutuhan Stakeholder
........................................................... 11
2.3.2
Prinsip Melingkupi Seluruh Perusahaan................................................................. 14
2.3.3
Prinsip Menerapkan Kerangka Tunggal yang Terintegrasi ..................................... 16
2.3.4
Prinsip Menggunakan Pendekatan yang Menyeluruh ..............................................17
2.3.5
Pemisahan Tata Kelola dari Managemen .............................................................. 18
2.4
Model dan Referensi Proses dalam COBIT 5.0 ........................................................... 20
2.5
Model Kapabilitas Proses dalam COBIT 5.0................................................................ 21
BAB III METODE PENELITIAN ......................................................................................... ....25
3.1 Metodologi
Penelitian .................................................................................................. 25
3.2 Tahapan
Penelitian Sistem Informasi Pembayaran Kios ........................................... .....25
BAB IV ANALISIS SISTEM .................................................................................................. 29
4.1 Profil PT.Rancek Sukses ............................................................................................... 29 4.1.1Squence Diagram..........................................................................................................29
4.1.1 Visi dan Misi Perusahaan ........................................................ ........................ 29
4.1.2 Struktur Organisasi ........................................................................................... 30
4.1.3
Sistem Informasi Pembayaran Kios yang sedang Berjalan................................... 32
4.1.3
Spesifikasi Sistem Informasi Pembayaran Kios................................................... 35
4.2 Analisis
Sistem Informasi Pembayaran Kios ............................................................... 39
4.3
Identifikasi Critical Success Factor .......................................................................... 41
4.4 Pengukuran
Kinerja ................................................................................................... 42
4.3 Desain Kuisioner Berdasarkan Domain APO ............................................................. 44
BAB V EVALUASI & REKOMENDASI ............................................................................... 50
5.1
Hasil Kuisioner .......................................................................................................... 50
5.2
Kapabilitas Proses ..................................................................................................... 54
5.3
Rekomendasi Sistem Informasi Pembayaran Kios........................................................ 62
5.4
Kesimpulan dari Audit domain Align, Plan,
Organize................................................. 64
BAB VII PENUTUP .............................................................................................................. 65
5.1
Kesimpulan ............................................................................................................... 65
5.2
Saran ........................................................................................................................ 65
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
No Tabel
|
Judul
Tabel
|
Halaman
|
1.1
|
Jadwal
dan Waktu Penelitian
|
5
|
2.1
|
Tujuan
Perusahaan dan Tujuan IT-related
dalam COBIT 5.0
|
25
|
4.1
|
Deskripsi Pekerjaan PT.Rancek
Sukses
|
26
|
4.2
|
Deskripsi Modul Sistem
Informasi Pembayaran Kios
|
37
|
4.3
|
Deskripsi Modul Sistem
Informasi Pembayaran Kios (Lanjutan)
|
38
|
4.4
|
Deskripsi Modul Sistem
Informasi Pembayaran Kios (Lanjutan)
|
39
|
4.5
|
Hardware yang digunakan
|
39
|
4.6
|
CSF PT.
Rancek Sukses
|
41
|
4.7
|
CSF PT.
Rancek Sukses (Lanjutan)
|
42
|
4.8
|
Istilah
yang digunakan dalam kuisioner
|
45
|
4.9
|
Desain
Pertanyaan Manage The IT Management
Framework
|
45
|
4.10
|
Desain
Pertanyaan Manage Strategy
|
45
|
4.11
|
Desain
Pertanyaan Manage Enterprise Architecture
|
46
|
4.12
|
Desain
Pertanyaan Manage Inovation
|
46
|
4.13
|
Desain
Pertanyaan Manage Portfoloio
|
46
|
4.14
|
Desain
Pertanyaan Manage Budget&Cost
|
46
|
4.15
|
Desain
Pertanyaan Manage Human Resource
|
47
|
4.16
|
Desain
Pertanyaan Manage Relationship
|
48
|
4.17
|
Desain
Pertanyaan Manage Service Agreement
|
48
|
4.18
|
Desain
Pertanyaan Manage Suppliers
|
49
|
4.19
|
Desain
Pertanyaan Manage Quality
|
50
|
4.20
|
Desain
Pertanyaan Manage Risk
|
50
|
4.21
|
Desain
Pertanyaan Manage Security
|
50
|
5.1
|
Hasil
Pertanyaan Manage The IT Management
Framework
|
50
|
5.2
|
Hasil
Pertanyaan Manage Strategy
|
51
|
5.3
|
Hasil
Pertanyaan Manage Enterprise Architecture
|
51
|
5.4
|
Hasil
Pertanyaan Manage Inovation
|
51
|
5.6
|
Hasil
Pertanyaan Manage Portfoloio
|
51
|
5.7
|
Hasil
Pertanyaan Manage Budget&Cost
|
52
|
5.8
|
Hasil
Pertanyaan Manage Human Resource
|
52
|
5.8
|
Hasil
Pertanyaan Manage Relationship
|
52
|
5.9
|
Hasil
Pertanyaan Manage Service Agreement
|
52
|
5.10
|
Hasil
Pertanyaan Manage Relationship
|
52
|
5.11
|
Hasil
Pertanyaan Manage Quality
|
53
|
5.12
|
Hasil
Pertanyaan Manage Risk
|
53
|
5.13
|
Hasil
Pertanyaan Manage Security
|
53
|
5.14
|
Hasil
Pertanyaan Manage Relationship (Lanjutan)
|
54
|
5.15
|
Ringkasan
Hasil Implementasi
|
54
|
5.16
|
Gap
Tingkat Capability level
|
61
|
5.17
|
Rekomendasi
Hasil Audit SIPK domain Align, Plan,
Organize
|
62
|
DAFTAR
GAMBAR
No Gambar
|
Judul
Gambar
|
Halaman
|
2.1
|
Lima
Prinsip COBIT 5.0
|
10
|
2.2
|
Alur
Tujuan dalam COBIT 5.0
|
11
|
2.3
|
Peranan,
Aktivitas, dan Hubungan Tata kelola dan Manajemen
|
13
|
2.4
|
Integrasi
standar dan kerangka kerja lain dalam COBIT 5.0
|
14
|
2.5
|
Tujuh
Kategori Pemicu dalam COBIT 5.0
|
15
|
2.6
|
Area
Kunci Tata kelola dan Manajemen dalam COBIT 5.0
|
17
|
2.7
|
Model
Referensi Proses dalam COBIT 5.0
|
18
|
2.8
|
Model
Kematangan Proses dalam COBIT 4.1
|
19
|
2.9
|
Model
Kapabilitas Proses dalam COBIT 5.0
|
20
|
4.1
|
Struktur
Organisasi RTC
|
28
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar